Selasa 22 Agustus 2023, Bertempat di Auditorium Gubernuran Sumbar dan dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi.

Rapat Koordinasi ini diselenggarakan oleh Biro Perekonomian Setda Prov. Sumbar dengan narasumber dari Kementerian Pertanian RI, Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, diantaranya :

  1. Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI (Dr. Ir Prihasto Setyanto,M.Sc) selaku Narasumber;
  2. Bapak dari Fakultas Pertanian Unand (Prof. Dr. Ir. Hermansyah, MS.MSc) selaku Narasumber;
  3. Ibu Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sumbar  (Ibu Febrina Tri Susila Putri, SP, M.Si) selaku Narasumber;
  4. Bapak Kepala Kantor Perwakilan  Bank  Indonesia Provinsi Sumatera Barat;
  5. Bapak Kepala BPS Sumatera Barat (Bapak Sugeng Arianto); 
  6. Ibu Kepala Divisi Regional Perum Bulog Sumatera Barat (Ibu Sri Wulan Astuti);
  7. Bapak/Ibu TPID Kabupaten/Kota dan TPID Provinsi;

beserta juga Kepala OPD terkait Lingkup Pemerintah Prov. Sumatera Barat/mewakili, 

 Pertimbangan utama dalam pelaksanaan rapat ini, adalah dalam rangka “Sinergitas pengendalian inflasi menghadapi potensi elnino ke depan dan mitigasi dampak elnino terhadap produksi pertanian di Sumatera Barat” serta memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kab/Kota dan Bank Indonesia untuk mendukung terciptanya stabilitas inflasi di Sumatera Barat.

Adapun tujuan dilaksanakan rapat koordinasi ini adalah :

  1. Dalam rangka menyikapi prediksi BMKG bahwa puncak elnino terjadi pada Agustus s.d September dan ada kemungkinan hingga akhir tahun 2023, beberapa daerah di Sumatera Barat berpotensi mengalami kekeringan  yang pada akhirnya akan mempengaruhi produksi tanaman pangan.
  2. Menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) dalam kisaran normal 3% + 1%. Walaupun pada dasarnya kita semuanya sudah mengerahkan segala upaya dan langkah yang dilaksanakan secara bersinergi antara TPID provinsi, kebupaten/kota dengan TPIP, kami yakin target Pemerintah untuk inflasi tahun 2023, yaitu sebesar 3%±1% dapat tercapai. Saat ini, berdasarkan inflasi bulan Agustus, alhamdulillah inflasi Sumatera Barat diangka 2,20% (yoy) dan berada dibawah angka inflasi nasional diangka 3.08%. walaupun demikian, kita jangan lengah, karena tantangan kedepan masih ada.
  3. Diharapkan dengan kegiatan Rapat koordinasi ini dapat menerbitkan rekomendasi-rekomendasi  kebijakan sehingga ditengah potensi elnino  ketersediaan pangan tercukupi.
.